Headlines News :
Home » » Pengertian Tentang URL ( Uniform Resource Locator )

Pengertian Tentang URL ( Uniform Resource Locator )

Pengertian URL (Universal Resource Locator) adalah konsep nama file standar yang diperluas dengan jaringan untuk menentukan lokasi informasi pada web server. Nama file ini tidak hanya menunjukan direktori dan nama filenya,tetapi juga nama mesinya dalam jaringan. URL digunakan sebagai protocol yang digunakan search engine untuk menelusuri setiap dokumen baik dalam bentuk text, audio, video, animasi, suara atau flash terkait dengan penelusuran yang dicari oleh pengguna agar menemukan data informasi yang brkaitan. URL dapat disediakan serta diakses dengan berbagai metode,dan mungkin tidak hanya berupa file karena URL dapat menunjukan query,dokumen yang disimpan dalam databae, hasil dari suatu perintah finger atau archie atau apapun yang berkaitan dengan data hasil proses.URL adalah singkatan dari Uniform Resource Locators yang berarti suatu “pathname” untuk mengidentifikasi sebuah dokumen di web. Didalam URL terdapat informasi nama mesin/host (dalam hal ini komputer) yang akan diakses, nama dokumen beserta logical pathnamenya serta jenis protokol yang akan digunakan untuk melakukan akses ke web.

Sejarah singkat URL :
URL pertama kali diciptakan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991 agar penulis-penulis dokumen dokumen dapat mereferensikan pranala ke WWW ( World Wide Web ). Sejak 1994, konsep URL telah dikembangkan menjadi istilah Uniform Resource Identifier (URI) yang lebih umum sifatnya.

Fungsi dan Kegunaan URL :
Sebagai pengidentifikasi sebuah dokumen di web.
Pemberian alamat pada setiap web yang berisi dokumen.
Untuk memudahkan kita dalam mengakses suatu dokumen melalui website
Untuk memberikan penamaan terhadap suatu file / dokumen pada website
Digunakan search engine unruk mendefinisikan suatu permasalahan berdasarkan query dan algoritma. Memudahkan kita untuk mengingat suatu alamat website.

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda Di Globalj4v4

Judul Artikel : Pengertian Tentang URL ( Uniform Resource Locator )
Diterbitkan Oleh : Globalj4v4
Artikel ini di patenkan pada myfreecopyright, apabila mengutip tanpa memberikan link balik pada artikel ini,akan di proses secara DMCA Takedown yang tentunya akan berakibat tidak baik pada blog saudara.
Anda dipersilakan copy paste artikel dengan mencantumkan url sumber di bawah ini :

Subscribe via RSS Feed by Globalj4v4 Indonesia
Share this article :
 
DMCA.com
*Layanan ini disediakan oleh PT Globalj4v4 Sdn. | Halaman Awal ini juga disediakan oleh PT Globalj4v4 Sdn. | Semua layanan lain yang tidak memiliki tanda “*” akan menuju ke situs web pihak ketiga, yang kontennya mungkin tidak sesuai dengan undang-undang di wilayah Anda. Anda, bukan PT Globalj4v4 Sdn, bertanggung jawab penuh atas akses ke dan penggunaan situs web pihak ketiga.
Hak Cipta © 2020 PT Globalj4v4 Sdn (Co. Reg. BlogID. 2825584887500486077). Hak Cipta dilindungi Undang-Undang.
Kampus Wong Sinting | Globalj4v4 | Globalw4r3 | Google