Headlines News :
Home » , , » Keris Rambut Pinutung dan Kuluk Kanigara

Keris Rambut Pinutung dan Kuluk Kanigara

Kuluk adalah mahkota atau penutup kepala penguasa pada jaman dulu.mahkota raja biasanya lebih megah daripada mahkota panglima,bupati dan lain-lain .kuluk kanigara adalah mahkota kerajaan Carangsoka dan terkenal ampuh dan sakti bahkan sangat didambakan orang karena mereka percaya kelak akan menjadi penguasa atau raja besar jika berhasil memilikinya. Pasangan kuluk Kanigara adalah keris rambut Pinutung yang sakti..
Pemilik kuluk Kanigara dan keris rambut Pinutung adalah raden sukmayana, ksatria kadipaten Carangsoka yang terletak di timur gunung Muria. Daerah tersebut terkenal makmur,rakyatnya sejahtera dan damai terutama pada masa pemerintahan adipati Puspa Andungjaya. Beliau didampingi patih Singapadu merangkap jaksa dan berkedudukan di wilayahNguren. Panglima perangnya adalah Sukmayana.

Adipati Andungjaya mempunyai putri jelita bernama dewi Rayungwulan yang menolak menikah dengan Menak Jasari, akhirnya dia menikah dengan ki dalang Sapanyana. Penolakan itu menimbulkan perang yang terhambat oleh sungai Silungangga yang menjadi benteng alam kerajaan Carangsoka. Barang siapamenyeberangi sungai Silugangga dipercaya akan mengalami kekalahan. Pantangan itu membuat prajurit Paranggaruda takut menyeberangi sungai Silugangga. Meskipun begitu mereka tetap menyeberangi sungai Silugangga setelah diejek oleh prajurit Carangsoka. Perangpun terjadi dan pasukan Paranggaruda terdesak. Panglima Yudapati mengobrak-abrik pasukan Carangsoka. Korban berjatuhan di pihak Carangsoka-termasuk patih Singapadu dan raden Singanyidra.
Panglima Sukmayana terluka dan nyawanya terancam.Sedangkan raden Sukmayana diselamatkan adiknya raden Kembangjaya. Dia juga berhasil membunuh panglima Yudapati dengan tusukan sakti keris rambut pinutung. Ki dalang Sapanyana bertarung dengan Menak Jasari yang menewaskan Menak Jasari. Prajurit paranggaruda kalah dan takluk di bawah kekuasaan kadipaten Carangsoka. Akhirnya pemerintahan Paranggaruda berada dibawah kekuasaan Carangsoka yang semakin berkembng .

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda Di Globalj4v4

Judul Artikel : Keris Rambut Pinutung dan Kuluk Kanigara
Diterbitkan Oleh : Globalj4v4
Artikel ini di patenkan pada myfreecopyright, apabila mengutip tanpa memberikan link balik pada artikel ini,akan di proses secara DMCA Takedown yang tentunya akan berakibat tidak baik pada blog saudara.
Anda dipersilakan copy paste artikel dengan mencantumkan url sumber di bawah ini :

Subscribe via RSS Feed by Globalj4v4 Indonesia
Share this article :
 
DMCA.com
*Layanan ini disediakan oleh PT Globalj4v4 Sdn. | Halaman Awal ini juga disediakan oleh PT Globalj4v4 Sdn. | Semua layanan lain yang tidak memiliki tanda “*” akan menuju ke situs web pihak ketiga, yang kontennya mungkin tidak sesuai dengan undang-undang di wilayah Anda. Anda, bukan PT Globalj4v4 Tbk, bertanggung jawab penuh atas akses ke dan penggunaan situs web pihak ketiga.
Hak Cipta © 2015 PT Globalj4v4 Sdn (Co. Reg. BlogID. 2825584887500486077). Hak Cipta dilindungi Undang-Undang.
Kampus Wong Sinting | Globalj4v4 | Globalw4r3 | Google