Headlines News :
Home » » Burung Manyar Tempua (Ploceus Philippinus)

Burung Manyar Tempua (Ploceus Philippinus)

Dari buku Birds of South East Asia karangan Craig Robson (2002), diketahui bahwa di dunia terdapat 117 spesies manyar dan hanya 4 jenis yang ada di kawasan asia tenggara. Indonesia memiliki 3 spesies; manyar tempua (Ploceus philippinus), manyar jambul (Ploceus manyar) dan manyar emas (Ploceus hypoxanthus), sedangkan di daerah rawa pagak ditemukan manyar tempua dan manyar emas.

Manyar emas jantan sangat mudah diidentifikasi, karena warnanya yang kuning emas diseluruh tubuh begitu mencolok. Sedangkan yang betina sulit dibedakan. Ukurannya sedang (15 cm), sama seperti manyar lain ataupun burung gereja errasia. Untuk membedakan, manyar tempua jantan memiliki warna emas hanya pada mahkotanya, sedangkan ciri-ciri tubuh lainnya tidak terlalu beda. Burung manyar sangat menyukai biji-bijian, hidup pada daerah rawa berumput, semak-semak, rumpun gelagah dan sawah. Biasanya berbiak mulai April hingga Oktober.
Di sini menariknya kehidupan burung manyar. Sang betina hanya mau dikawini oleh pejantan yang mampu membuat sarang yang aman dan kuat. Jika sarang kurang baik, ia akan mencari pejantan yang lain. Sepertinya pemilihan tersebut didasarkan pada pertimbangan demi amannya keberlangsungan keturunannya.


Sarang berukuran sebesar bola sepak, berbentuk seperti lampion. Tetapi tidak semuanya sama. Ada yang bulat lonjong dengan pintu masuknya berbentuk corong ke bawah, ada yang bulat lonjong dengan pintu masuk berbentuk lubang pada sisi samping 1/3 bawah sarang dan ada juga yang berupa bulat penuh seperti bola dengan 2 lubang besar pada bagian bawahnya. Material sarang berupa rumput liar, yang dijalin begitu rumit dan tebal, sehingga mampu melindungi telur berjumlah 2-5 butir dengan aman. Beberapa diantaranya bahkan masih berwarna hijau, yang menandakan rumput yang digunakan merupakan rumput yang masih segar.

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda Di Globalj4v4

Judul Artikel : Burung Manyar Tempua (Ploceus Philippinus)
Diterbitkan Oleh : Globalj4v4
Artikel ini di patenkan pada myfreecopyright, apabila mengutip tanpa memberikan link balik pada artikel ini,akan di proses secara DMCA Takedown yang tentunya akan berakibat tidak baik pada blog saudara.
Anda dipersilakan copy paste artikel dengan mencantumkan url sumber di bawah ini :

Subscribe via RSS Feed by Globalj4v4 Indonesia
Share this article :
 
DMCA.com
*Layanan ini disediakan oleh PT Globalj4v4 Sdn. | Halaman Awal ini juga disediakan oleh PT Globalj4v4 Sdn. | Semua layanan lain yang tidak memiliki tanda “*” akan menuju ke situs web pihak ketiga, yang kontennya mungkin tidak sesuai dengan undang-undang di wilayah Anda. Anda, bukan PT Globalj4v4 Sdn, bertanggung jawab penuh atas akses ke dan penggunaan situs web pihak ketiga.
Hak Cipta © 2020 PT Globalj4v4 Sdn (Co. Reg. BlogID. 2825584887500486077). Hak Cipta dilindungi Undang-Undang.
Kampus Wong Sinting | Globalj4v4 | Globalw4r3 | Google