Headlines News :
Home » , » Merawat dan Mengenal Burung Kenari

Merawat dan Mengenal Burung Kenari

KENARI ATAU SERENIUS CANARIUS MERUPAKAN BURUNG ASAL PULAU CANARY DAN BUKAN BURUNG ASLI INDONESIA. NAMUN DALAM PERKEMBANGANNYA TELAH BANYAK DIMPORT DAN DIKEMBANG BIAKAN DI BERBAGAI NEGARA TERMASUK INDONESIA. BAHKAN DARI HASIL BREEDING TERSEBUT TELAH LAHIR BERBAGAI MACAM JENIS KENARI BARU.
KENARI YANG MASUK KE INDONESIA ANTARA LAIN JENIS KENARI HOLLAND, TAIWAN. KARENA BANYAKNYA KENARI HASIL BREEDING INDONESIA MUNGKIN SUDAH SEPANTASNYA DISEBUT KENARI INDONESIA KARENA BAIK KENARI HOLLAND, TAIWAN, AMERICAN SINGER DAN LAINNYA BUKANLAH BURUNG ASLI DARI NEGARA TERSEBUT.
SECARA GARIS BESAR PERAWATAN KENARI SEBENAR NYA SANGAT SIMPLE.
DIMULAI DENGAN PERAWATAN PAGI, BISA DI MULAI DARI JAM 7 ATAU JAM 7 30 PAGI.

  • BERSIHKAN KANDANG ( KALAU BISA HARUS RUTINE TIAP HARI JANGAN MALES !!! )
  • GANTI SEMUA PAKAN DAN MINUMAN. UNTUK MINUMAN WAJIB DI GANTI SETIAP HARI. AIR KOTOR PALING MUDAH MENULARKAN SEGALA MACAM BIBIT PENYAKIT. KALAU BISA AIR MINERAL TAPI TIDAK MUTLAK BISA JUGA AIR PAM YANG DI MASAK DAN DI DINGIN KAN TERLEBIH DAHULU PADA INTI
  • PENGGANTIAN FOODING SETIAP HARI. FOODING KENARI PADA UMUM NYA ADALAH APEL MERAH, SAYUR SELADA ( BAIK NYA SELADA KERITING KARENA KANDUNGAN AIR NYA TIDAK TERLALU BANYAK ), SAYUR SAWI BAIK HIJAU ATAU PUTIH, MENTIMUM/KETIMUN, OYONG/GAMBAS, TELUR PUYUH/AYAM
  • FASILITAS MANDI. KENARI ADALAH BURUNG KECIL YANG TAKUT MANDI DI KERAMBA, WALAU ADA YANG MAU MANDI DI KANDANG KERAMBA BESAR TAPI TIDAK UMUM MEMANDIKAN KENARI DI KERAMBA. UMUM NYA KENARI MANDI DI CEPUK KECIL SEPERTI CEPUK AYAM ATAU CEPUK UNTUK MAKAN BURUN
  • JEMUR. JEMUR SANGAT PERLU UNTUK BURUNG KENARI, BURUNG AKAN DAPAT HIDUP LEBIH LANGGENG BILA KITA RAJIN MENJEMUR BURUNG SESUAI DENGAN KEMAMPUAN BURUNG MASING MASING. RATA RATA LAMA JEMUR PADA BURUNG KENARI ADALAH 1.5 JAM SAMPAI 2 JAM. CAHAYA MATAHARI PAGI
  • FASILITAS KERODONG. PERCAYA TIDAK PERCAYA KERODONG PADA BURUNG KENARI SANGAT PENTING. BURUNG KENARI ADALAH BURUNG YANG SANGAT PEKA TERHADAP PERGANTIAN CUACA DAN SUHU. UMUM NYA SETELAH JEMUR PAGI KENARI DI ANGIN ANGIN KAN 1/2 - 45 MENIT SEHINGGA SUHU TUB



UNTUK MAKANAN BANYAK TERSEDIA MAKANAN BURUNG DI PASAR BURUNG. CARI YANG BANYAK VARIASI BIJI NYA KARENA KAYA AKAN BERBAGAI JENIS NUTRISI. UNTUK MAKANAN IMPORT SEBENAR NYA TIDAK BEGITU BAIK SECARA UMUM UNTUK KENARI LOKAL KARENA KANDUNGAN GIZI DAN NUTRISI YANG DICAMPURKAN DI MAKANAN TSB DI SESUAI KAN DENGAN NEGARA ASAL PABRIKAN MAKANAN TSB. KEBANYAKAN KENARI AKAN RONTOK BULU BILA DI BERIKAN MAKANAN IMPORT KARENA TIDAK TERBIASA DAN TIDAK SESUAI NYA CUACA DI INDONESIA YANG PANAS. NAMUN TIDAK TERTUTUP KEMUNGKINAN COCOK NYA MAKANAN IMPORT TSB KARENA BURUNG YANG KITA ATAU PENGGEMAR MILIKI JUGA IMPORT SEPERTI YORKSHIRE IMPORT DAN BERBAGAI JENIS KENARI IMPORT LAIN NYA. HINDARI SERING MENGGANTI BRAND/MERK PAKAN KARENA KENARI SENSITIVE TERHADAP PERUBAHAN BIASANYA DI TANDAKAN DENGAN GEJALA RONTOK BULU YANG BELUM SAATNYA.
MENURUT YG SAYA TAHU, KENARI POTENSIAL DAPAT DIKETAHUI DARI BEBERAPA HAL...TERLEPAS DARI ASAL-USUL (INDUKAN) NYA...

  1. CIRI-CIRI FISIK YAITU KEPALA BESAR, AGAK KOTAK DAN TIDAK MENGERUCUT... INI BIASANYA MENANDAKAN MENTALNYA TARUNGNYA BAGUS.
  2. LEHER DAN PARUH TEBAL MENANDAKAN VOLUME SUARA KERAS.
  3. BODY (BADAN) PANJANG RAMPING AKAN MENUNJANG PANJANGNYA NAFAS... ADA YG BILANG BODY NYA HARUS YG BESAR AGAR SUARANYA (VOLUMENYA) KERAS, TETAPI INI TIDAK MENJADI JAMINAN. KARENA, ADA KENARI DGN BODY KECIL TAPI VOLUME SUARA KERAS...

KETIGA CIRI-CIRI FISIK DI ATAS MERUPAKAN CIRI-CIRI YG DOMINAN, WALAUPUN ADA SEDIKIT PENGECUALIANNYA..
NAH..KETIGA CIRI FISIK DI ATAS AKAN MENUNJANG SI KENARI (KATAKANLAH KENARI MUDA) UNTUK DAPAT BERKICAU DGN BAGUS, KERAS, DAN PANJANG...


AKAN TETAPI SEMUA ITU JUGA DITUNJANG OLEH HAL LAINNYA, SEPERTI:

  • VARIASI SUARA, INI BISA DIBENTUK SAAT KENARI MASIH MUDA (KIRA2X DARI BERUMUR 1 BULAN, SAAT SUDAH TUMBUH BULU) DGN CARA DI-MASTER DGN SUARA BURUNG LAIN SEPERTI BLACKTHROAT, KACAMATA, KOLIBRI, SANGER, DLL DAN JUGA SUARA KENARI STANDAR YG BAGUS (TEMBAKAN D
  • JENIS KENARI.... ADA BEBERAPA JENIS KENARI YG BAGUS UNTUK KENARI KICAUAN DAN SERING DILOMBAKAN, SEPERTI WATERSLAGER, YORKSHIRE DAN SILANGANNYA (F1 DAN F2), FUSAN, HOLLAND, RRC, DAN KENARI BIASA DGN WARNA BON HIJAU DAN KUNING.
  • PERAWATAN, PENJEMURAN, PEMBERIAN FOODING DAN EXTRA FOODING.

TIPS TIPS MEMBELI BAKALAN KENARI LOMBA :

  • TRAH PENTING DALAM PEMILIHAN KENARI KARENA PANJANG PENDEK LAGU TERGANTUNG DARI INDUKAN EG. BAPAK LAGU PANJANG PANJANG DAN IBU YANG MERAWAT ANAKAN DENGAN BAIK.
  • TIDAK SEMUA KENARI F1 SILANGAN YORKSHIRE BAGUS KARENA BILA LEBIH DOMINAN KE CHARACTER BAPAK ( YORKSHIRE IMPORT ) KENARI AKAN SUSAH GACOR, BERBULU TEBAL ( KALO GANTI BULU LAMA BANGET ).
  • BILA MEMILIH KENARI DARI UMUR 7 BULAN - 1 TAHUN LEBIH BAIK DI TREND RAME RAME DENGAN KENARI LAIN MINIMUM KITA TAHU KENARI TSB PUNYA MENTAL FIGHT ATAU TIDAK.

SEKALI LAGI MENDAPATKAN BURUNG ISTIMEWA ITU TIDAK GAMPANG. ISTIMEWA MENURUT SAYA ADALAH BURUNG YANG MENDEKATI SEMPURNA DALAM TOTAL PENILAIAN (VARIASI/IRAMA, VOLUME, GAYA, KERAJINAN).
SEBAGAI MASUKAN DARI PENGALAMAN PEMANTAUAN SAYA PRIBADI JURI JURI INDEPENDEN LEBIH MENGUTAMAKAN KE GACORAN BURUNG/KERAJINAN DENGAN VOLUME YANG KERAS WALAU KADANG BURUNG YANG PANJANG PANJANG JUGA SERING MENANG DI EVENT INDEPENDEN NAMUN SEPEMANTAUAN SAYA LEBIH BANYAK BURUNG YANG KERJA SUPER ( KERJA SUPER YANG SAYA MAKSUD BUNYI TERUS JARANG NGETEM ANTAR LAGU TANPA NABRAK NABRAK JERUJI/BUNYI DI BAWAH/DASAR KANDANG ) DAN VOLUME KERAS YANG MENANG. LAIN DENGAN PBI YANG MENGUTAMAKAN IRAMA, WALAU PAKEM IRAMA SUDAH MULAI PUDAR DI JURI JURI PERBURUNGAN KERJA SUPER BURUNG TETAP DI UTAMAKAN.
KENARI YG BUNYINYA SERING PUTUS-PUTUS DAN BERHENTI DI TENGAH INI UMUM TERJADI PADA KENARI MUDA YG MASIH BELAJAR BUNYI.


UNTUK MEMANCING AGAR KENARI MUDAH TSB RAJIN BUNYI DAN SUARANYA PANJANG, ADA BEBERAPA LANGKAH YG PERNAH SAYA COBA PADA KENARI2X SAYA DIANTARANYA:
  1. DIGANDENG DENGAN KENARI YG SUDAH JADI (YG SUDAH GACOR) ATAU BISA JUGA DENGAN DISETELKAN KASET KENARI SUARA BAGUS, SEPERTI YG BANYAK DIPASARAN.
  2. PADA SAAT DIGANDENG DGN KENARI YG SUDAH JADI, KEDUA KENARI TSB JANGAN LANGSUNG DIKETEMUKAN (DIDEKATKAN) DAN SALING DIPERLIHATKAN, CUKUP DIDENGAR SUARANYA SAJA. SETELAH BEBERAPA HARI, BARULAH BOLEH SALING DIPERLIHATKAN TAPI DENGAN JARAK YG AGAK JAUH (2-3 METER). INI PUN JANGAN DILAKUKAN SETIAP HARI, CUKUP SESEKALI SAJA DALAM SEMINGGU (2 KALI SEMINGGU SUDAH CUKUP).
  3. YG TERPENTING ADALAH PERAWATAN. SEBAIKNYA KENARI TSB CUKUP JEMUR, KALAU SAYA SIH JEMUR DARI PAGI JAM 7 - 11... DAN SAAT DIJEMUR BERI MAKANAN SEDIKIT SAJA DAN AIR MINUM SEDIKIT SEKALI..JANGAN LUPA DIMANDIKAN (SIAPKAN TEMPAT MINUM YG AGAK BESAR UNTUK MANDI)..SETELAH KENARINYA MANDI, AIR TSB DIBUANG... PENJEMURAN KALAU PERLU DI DALAM SANGKAR UMABARAN (SANGKAR BESAR, PANJANG).
  4. SETELAH KENARI TSB DIJEMUR CUKUP, PINDAHKAN KE TEMPAT YG TEDUH DAN TERHINDAR DARI SINAR MATAHARI...TUNGGU SAMPAI TENANG DAN NAPASNYA TIDAK NGAP-NGAPAN LAGI. SETELAH ITU KASIH APEL MERAH SECUKUPNYA, BIARKAN DIA MAKAN, DAN BEBERAPA MENIT KEMUDIAN BARULAH DIBERIKAN AIR MINUM (AIR MATANG, KALAU PERLU BERI SEDIKIT VITAMIN KENARI SEPERTI VITASOL,SUPER KICAU, DSB).
  5. TERAKHIR, BARU KENARI TSB DIKERODONG...ATAU KALAU MAU DIDENGARKAN KICAUAN NYA DULU JUGA BOLEH, DAN BIASANYA SETELAH DIJEMUR KENARI AKAN BERKICAU...SETELAH SIANG BARU DIKERODONG SUPAYA BISA ISTIRAHAT.

KEESOKAN HARI, PAGINYA KENARI TSB KEMBALI MENJALANI RUTINITAS SEPERTI DI ATAS
SEBAGAI MASUKAN, ANDA PERLU PELAJARI KUALITAS SUARA KENARI. MENJADI KEBIASAAN SAYA DALAM MEMANTAU KENARI ADALAH MENUNGGU DAN MENDENGAR KENARI ITU BERHENTI. APAKAH MENGEREM(TIBA-TIBA) ATAU SEAKAN-AKAN BUANG NAFAS LALU BERHENTI. KALO YG MENGEREM MAKA JANGAN HARAP BISA PANJANG DAN BUNYI SAMBUNG MENYAMBUNG.SEKALI DIA BUNYI PANJANG MAKA DIA AKAN LAMA LAGI BARU BUNYI. KALO BERHENTINYA SEAKAN BUANG NAFAS, ANDA BISA RAWAT DGN JEMUR DAN MANDI RUTIN.JANGAN LUPA PAKAI KANDANG BESAR ATAU MEMANJANG UNTUK MELATIH NAPASNYA.
PERHATIKAN CARA KENARI ITU SAAT AKAN BERHENTI DAN SESUDAH BERHENTI. WALAUPUN KNR ITU GACOR DAN PANJANG. TETAP PERHATIKAN CARA BERHENTI. KNR GACOR DAN PANJANG BISA KRN FIT DAN BIRAHI TINGGI. KALO KENARI SAAT AKAN BERHENTI MENGHABISKAN NAFASNYA DAN BERHENTI DGN ALUNAN SUARA MENURUN, MAKA PILIHLAH KENARI INI.LALU PANTAU SELANG WAKTU KENARI MAU BUNYI LAGI.BIASANYA KENARI YG DEMIKIAN LANGSUNG BUNYI LAGI.
KALO KENARI BERHENTI KAYAK MEREM MENDADAK. JANGAN PILIH. BIASANYA SELANG WAKTU MAU BUNYI LAGI AGAK LAMA.UMUMNYA  KENARI  DEMIKIAN SUSAH MELANTUNKAN IRAMA DGN BAIK. PALING-PALING SUARA AIR MANCUR ATAU GELENDER PANJANG,MONOTON. JADI JANGAN TERPENGARUH,  KENARI  SUARA PANJANG DAN LAMA.
BANYAK PENGGEMAR KENARI BERPIKIRAN ATAU BER ASSUME KENARI LAGU PANJANG = KANDANG UMBARAN. SEBENARNYA KANDANG UMBARAN ADALAH UNTUK MELATIH STAMINA KENARI SEHINGGA KENARI MEMPUNYAI BADAN YANG SEHAT TERMASUK PARU PARU YANG SEHAT JADI TIDAK SELALU BENAR KALAU KENARI YANG PENDEK PENDEK DI MASUKAN KE DALAM UMBARAN BISA MENJADI PANJANG SEKETIKA.


ADA BEBERAPA HAL YANG PATUT DI PAHAMI ANTARA LAIN :
  • PAHAMI LAGU LAGU KENARI KENARI, LAGU MODEL APA YANG BIASA NYA BISA DI LANTUNKAN DENGAN PANJANG AWAL LAGU, TENGAH LAGU, AKHIR LAGU.
  • POLA PERAWATAN UNTUK MENGHASIL KAN KENARI YANG MAXIMAL HARUS DI RAWAT SECARA TOTAL , SAYA RASA TIDAK HANYA KENARI TAPI JENIS BURUNG LAIN JUGA BEGITU. FOODING, MANDI JEMUR DAN LATIHAN PHYSIC JUGA MENTAL SANGAT PENTING UNTUK MENGETAHUI BAKAT BURUNG.
  • BURUNG KENARI BERSUARA KERAS BIASANYA SUSAH MELANTUNKAN LAGU PANJANG KARENA LOGIKA NYA BURUNG TSB KEBURU KEHABISAN NAFAS DI TENGAH JALAN. LEBIH BAIK MENCARI KENARI YANG SUARANYA SEDANG NAMUN SANTAI MELANTUNKAN LAGU .
SEMOGA BERMANFAAT....

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda Di Globalj4v4

Judul Artikel : Merawat dan Mengenal Burung Kenari
Diterbitkan Oleh : Globalj4v4
Artikel ini di patenkan pada myfreecopyright, apabila mengutip tanpa memberikan link balik pada artikel ini,akan di proses secara DMCA Takedown yang tentunya akan berakibat tidak baik pada blog saudara.
Anda dipersilakan copy paste artikel dengan mencantumkan url sumber di bawah ini :

Subscribe via RSS Feed by Globalj4v4 Indonesia
Share this article :
 
DMCA.com
*Layanan ini disediakan oleh PT Globalj4v4 Tbk. | Halaman Awal ini juga disediakan oleh PT Globalj4v4 Tbk. | Semua layanan lain yang tidak memiliki tanda “*” akan menuju ke situs web pihak ketiga, yang kontennya mungkin tidak sesuai dengan undang-undang di wilayah Anda. Anda, bukan PT Globalj4v4 Tbk, bertanggung jawab penuh atas akses ke dan penggunaan situs web pihak ketiga.
Hak Cipta © 2013 PT Globalj4v4 Tbk (Co. Reg. BlogID. 2825584887500486077). Hak Cipta dilindungi Undang-Undang.
Kampus Wong Sinting | Globalj4v4 | Globalw4r3 | Google